Pertumbuhan Fase Vegetatif Tanaman Ganja

pertumbuhan pada fase vegetatif tanaman ganja
Tanaman ganja memasuki fase masa pertumbuhan vegetatif setelah empat sampai eman minggu,ahir pertumbuhan masa bibit.secara alami fase vegetatif ini adalah saat dimana tanaman ganja tumbuh dengan sangat cepat selama siklus hidupnya.

tanaman ganja akan menghasilkan banyak pertumbuhan daun baru dan memerlukan nutrisi untuk memenuhi kebutuhan fotosintesisnya.

Fase Vegetatif Ganja Luar Ruangan

Fase Vegetatif Ganja Luar Ruangan

Tanaman Ganja akan mengalami fase vegetatif jika diberikan fase siklus cahaya selama 18-24jam masa cahaya,hal ini sering diadaptasi pada budidaya ganja dalam ruangan guna mengatur siklus cahaya selama fase pertumbuhan tanaman ganja yang digunakan sebagai induk tanaman serta memperbanyak jumlah hasil produksi tanaman ganja.
dengan pertumbuhan vegetatif yang berpengaruh pada tanaman ganja tersebut.

Fase Vegetatif Tanaman Ganja Dalam Ruangan

Fase Vegetatif Tanaman Ganja Dalam Ruangan

para pembudidaya dalam ruangan akan sangat mudah guna menentukan ataupun memaksa kapan waktu tanaman ganja tersebut memasuki masa produksi bunga atau masa pembungaan tetapi tetap mempertimbangkan kapan waktu yang tepat untuk memulai siklus pembungaan ,para pembudidaya dalam ruangan hanya tinggal memberikan siklus 12/12 yaitu dengan proses masa 12 jam pencahayaan dan 12 jam masa gelap maka tanaman ganja akan terpicu untuk memasuki fase pembungaan.
Dalam budidaya luar ruangan tanaman ganja bergantung dengan musim,serta iklim tempat tanaman tersebut tumbuh,pertumbuhan ganja pada iklim tropis tentu saja akan berbeda pada iklim sub-tropis maupun iklim sedang serta iklim dingin.


Indonesia mengalami iklim tropis serta mengalami 2 musim,tanaman ganja yang tumbuh kebanyakan adalah berjenis sativa yang mempunyai jangka siklus hidup yang panjang jika dibandingkan dari jenis tanaman ganja yang lain,penggunaan pola tanam berbasis musim diadaptasi di indonesia sudah sangat lama sekali oleh pembudidaya di daerah aceh dan sumatra utara,yang memiliki iklim 2 musim serta vegetasi tanah yang sangat subur.Perhitungan pola tanam dan pertumbuhan vase vegetatif dan pembungaan ditentukan berdasarkan musim.
jenis sativa adalah tanaman yang dapat tumbuh dengan sangat tinggi, apalagi jika hidup pada lingkungan luar ruangan,sativa dapat tumbuh sangat tinggi dan dapat mencapai 2 meter lebih atau semaksimal mungkin.


berbeda sekali dengan jenis indica yang mengalami siklus hidup tanaman yang lebih pendek jika ditanam pada luar ruangan.

pada fase vegetatif ini banyak sekali faktor yang perlu diperhatikan oleh pembudidaya baik di dalam maupun di luar ruangan.

pencahayaan

untuk budidaya dalam ruangan diperlukas siklus pencahayaan antara 18-24jam masa terang dalam siklus 24 jam.pada pembudidayaan dalam ruangan menggunakan suplai cahaya lampu compact fluorescent [CFL] ,High pressure sodium [HPS] ataupun Metal Halide jumlah daya atau watt dari lampu ditentukan dengan kondisi ruangan dan jumlah tanaman.yang perlu diperhatikan ialah Suhu warna [http://id.wikipedia.org/wiki/Suhu_warna] yang dipancarkan oleh lampu,Suhu warna biasanya menggunakan satuan Kelvin (K), pada masa vegetatif ini tanaman ganja diberikan suhu warna 5600k atau setara Daylight [Siang hari] dan diganti menggunakan 2700k Warm White [putih hangat] saat memasuki masa berbunga, serta dapat pula menggabungkan dua suhu warna dalam pertumbuhan fase vegetatif ini.

Grafik untuk Suhu Warna Tanaman ganja

Grafik untuk Suhu Warna Tanaman Ganja

untuk budidaya luar ruangan biasanya para pembudidaya menggunakan acuan musim sebagai siklus tanam dan pencahayaan, pembudidaya di luar negri menandainya dengan hari ganja sedunia pada bulan april atau tanggal 20 [4/20],sedangkan di indonesia yang mengalami dua musim, masa tanam budidaya luar ruangan yang disarankan adalah ketika awal musim penghujan antara bulan Oktober-November.

pemupukan

pemupukan faktor penting yang sangat perlu diperhatikan oleh pembudidaya.tanaman ganja memerlukan unsur utama dalam tumbuh yaitu NPK, dalam fase ini pemberian pupuk sangat memperngaruhi produksi tanaman,perbandingan dalam pemberian pupuk NPK  tersebut perlu diperhatikan, tanaman ganja dengan jenis sativa dan indica berbeda dalam pemberian pupuk pada fase ini, tanaman indica membutuhkan konsentrasi pupuk yang lebih banyak daripada tanaman sativa,kesalahan yang sering dilakukan dalam pemberian konsentrasi perbandingan pupuk inilah yang sering membuat tanaman ganja mengalami pemupukan berlebih/over atau mengalami kekurangan pupuk yang dapat mengakibatkan terhambatnya pertumbuhan tanaman ganja.
sebagai sumber kebutuhan hidup tanaman ganja pada fase ini diperlukan perbandingan kandungan konsentrasi NPK dengan kadar N [Nitrogen] yang lebih besar, nitrogen sangat berguna sebagai pembuat sel hijau daun pada proses pertumbuhan. untuk jenis sativa yang ada di indonesia jika menggunakan media tanam tanah,pada fase vegetatif ini kita bisa memberikan perbandingan pupuk NPK dengan rasio 16-8-8 atau 20-10-10.

kadangkala beberapa pembudidaya menggunakan perbandingan 20-20-20 untuk pupuk NPK jika diberikan siklus cahaya 24jam masa terang namun itu tidak mutlak.

Pupuk NPK 16-8-8

Pupuk NPK 16-8-8

utuk budidaya luar ruangan kita dapat memanfaatkan pupuk kandang sebagai sarana pemupukan, pada masa ini kotoran sapi yang mengandung banyak unsur nitrogen sangat baik guna pertumbuhan tanaman ganja yang sehat dan kuat.

udara dan temperatur

pada fase vegetatif ini perlu juga diperhatikan untuk kondisi udara dan temperatur untuk budidaya dalam ruangan kondisi suhu yang baik adalah 24°C pada siklus cahaya , dan 22°C pada masa gelap, serta kelembaban 50% baik pada siklus terang maupun gelap.

sirkulasi udara juga perlu diperhatikan, pastikan udara dapat terus bersirkulasi jika menggunakan teknik budidaya dalam ruangan,baik siklus cahaya atau siklus gelap.

./thc

Tentang ganjaindonesia

Blog yang memaparkan tentang cara bercocok tanam ganja,baik dalam ruangan ataupun luar ruangan serta berbagai kultur dan budaya ganja yang ada di Indonesia
Pos ini dipublikasikan di Budidaya, Budidaya Dalam Ruangan, Budidaya Luar Ruangan, vegetatif dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

19 Balasan ke Pertumbuhan Fase Vegetatif Tanaman Ganja

  1. Up In Smoke berkata:

    bagaimana cara menggunakan pupuk NPK cair yang aturannya di semprotkan ke seluruh batang tanaman? sedangkan saya ingin menyiram ke tanah tapi tidak untuk di semprotkna ke batang dan daun. Terima kasih

  2. anonim berkata:

    Saya sudah mencoba dengan media gelas pelastik dan disimpan dalam ruangan..tp baru tumbuh sekitar 10cm koq sepertinya pertumbuhannya kaya yang terhambat ya?pupuk memang belum saya kasih sih..itu kira2 knp ya?thx..

    • Weed Army berkata:

      Banyak faktor boss, 1. Seberapa besar intensitas pencahayaan.,
      2. Apa suhu tanahya stabil? Kalo terlalu dingin penyerapan nutrisinya berkurang,
      3. Media tanahnya gimana, mungkin terlalu padat, Marry Jane cocoknya sama tanah yang karakteristiknya agak berpasir dan tidak terlalu banyak mengandung clay
      4. Pastikan tanah tidak terlalu basah !

  3. Mr. J berkata:

    Saya punya tanaman ganja yg umurnya lbih krang 29hr, sdah tmbuh daun sbnyak 9 lmbar+tgginya sktar 2,5cm & saya tanam dluar ruangan.
    Pertanyaan saya, apa perlu tnaman saya tu dikasih pupuk, kalau emg perlu disaat umur brapa baru bsa dkasih pupuk+disaat umur brapa tanaman ganja bisa dpanen?
    Trims.

  4. mushroom berkata:

    gan di manakah saya bisa mendapat bibit tanamannya..??
    domisili saya sulawesi

  5. Paktani berkata:

    kalau ingin tanman ganja tumbuh lebih sehat dan cepat, coba jangan pakai pupuk NPK ynag bersubsidi, tapi coba pakai pupuk NPK non subsidi seperti Yara Mila atau NPK BASF, selain itu pada umur 60 hari coba kasih pupuk KNO3 yang import dari Chili….

  6. rama berkata:

    Gan ada jual bijinya ? Ane mau coba tanam.

  7. Ras Alamsyah berkata:

    menjual seed lokal dan impor , sativa lokal 20k/seed ( feminized 25k/seed ) , blue mystic 35k/seed ( feminized 40k/seed ) ,
    bunga : 1jt/pack 200g
    daun : 300k 1/2 G , 600k 1G , 950k 1/2kg , 1.6jt 1KG bahan aceh. ( BELUM ONGKIR )

    proses cepat aman dan mudah , email : ras.alamsyah420@gmail.com

  8. yoha berkata:

    cari biji/daun email aja bos : yoha.hijau420@gmail.com, batuan murah

  9. indologo berkata:

    Bro,gimana cara rawatnya klo tumbuhan saya baru berumur 6 hari,gimana cara pertahankan pertumbuhannya.karna cara tanam saya ,asal asalan aja,…tolong dibantu !!

  10. Diyo berkata:

    Gua punya udah keluar pucuknya kira” 3 cm..
    Apa itu perlu perawatan yang ekstra bro?

    Mohon di jawab.. Thx

  11. purple.hazee berkata:

    Daerah ente kering bor?
    Ga usah bingung, monggo di order

    Cannabis online shop : fjb.m.kaskus.co.id//product/566707afd89b09af588b4571

    Email : adm.cannabis@gmail.com

  12. The Paps berkata:

    Open order seed & weed (LOKAL)proses 100% fast & safety

    seed 250K/20seed ( Jenis lokal Atceh Hazee)

    Weed : 2200k/BATU

    Weed Tester : 700k/1 METER350K/ 1/2 METER

    Min Tester Weed @100k

    *Free ongkir untuk Paket Tester

    CP (Whatsapp Only) : 082113027169

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s