Identifikasi jenis kelamin tanaman Ganja

Tanaman ganja secara umum memiliki dua jenis kelamin yaitu tanaman dengan kelamin jantan dan tanaman dengan kelamin betina, untuk membedakan jenis kelamin tersebut adalah dengan melihat ciri-ciri yang ada pada tanaman ganja.

pada petumbuhan fase bibit dan fase vegetatif jenis kelamin tanaman ganja belum dapat di identifikasi secara akurat,barulah pada fase ahir vegetatif jenis kelamin dari tanaman ganja tersebut akan terlihat.
Dari segi visual perbedaan bunga jantan dan bunga betina terlihat sangat jelas sekali.

seperti ditunjukkan dari penampang dibawah ini :

Penampang bunga jantan dan betina

Bunga Jantan

Pra-Bunga Tanaman Ganja Jantan

Pra-Bunga Tanaman Ganja Jantan

bunga jantan menunjukan adanya polen atau calon bunga yang menyimpan serbuk sari dan akan dilepaskan keudara pada saat bunga tersebut mekar ataupun sudah matang.

berikut ini adalah contoh bunga ganja jantan yang sudah matang dan memproduksi banyak serbuk sari untuk proses pembuahan kepada bunga betina.

Bunga Ganja Jantan mekar

Bunga Ganja Jantan mekar

pada umumnya tanaman jantan memiliki kandungan THC yang rendah.akan tetapi ada beberapa jenis tanaman ganja jantan yang memproduksi kandungan THC yang tinggi bahkan Lebih tinggi dari bunga dengan jenis kelamin betina pada jenisnya, sehingga sangat potensial untuk di budidayakan.

Bunga Betina

Sama halnya dengan tanaman ganja jantan, tanaman ganja betina menunjukkan kelaminnya pada saat tanaman menempuh ahir fase vegatatifnya. dan menunjukkan calyx dan dua buluh kecil yang disebut pistils, seperti ditunjukkan pada gambar tanaman ganja berikut.

Pra-berbunga Ganja Betina

Pra-berbunga Ganja Betina

Pada budidaya dengan tujuan adalah pemanfaatan kandungan THC yang ada di dalam pohon ganja, maka Tanaman dari jenis betina memiliki potensi untuk menghasilkan kandungan THC paling tinggi, kandungan THC tersebut akan berproduksi maksimal dalam tanaman ganja ketika bunga dari ganja betina dibiarkan dalam kondisi perawan atau tidak dibuahi oleh bunga jantan yang lebih dikenal dengan sebutan sinsemilla, dengan cara seperti ini maka produksi THC akan meningkat dibandingan dengan bunga betina yang dibuahi oleh bunga jantan,dikarenakan energi pada saat tanaman ini tumbuh akan disalurkan dalam bentuk THC jika kondisi bunga tidak mengalami penyerbukan, akan tetapi jika bunga mengalami penyerbukan energi yang digunakan akan di berikan guna pertumbuhan biji sebagai proses regenerasi tanaman secara alamiah.

bunga sinsemilla sativa

bunga sinsemilla sativa

pada budidaya tanaman ganja guna dimanfaatkan untuk di ambil benih atau bijinya maka penyerbukan wajib terjadi dan proses produksi biji akan berlangsung secara alamiah hingga biji yang dihasilkan dari bunga mencapai kondisi matang.

Bunga betina ganja memproduksi biji

Bunga betina ganja memproduksi biji

Bunga Hermaprodite

Bunga hermaprodite adalah dimana dalam satu tanaman ganja terdapat dua jenis kelamin, bunga jantan dan bunga betinda berada dalam satu tanaman, pada tanaman ganja bunga hermaprodite ini secara alami akan melakukan penyerbukan dan akan memproduksi biji karena dalam satu tanaman terdapat dua jenis kelamin, pada produksi tanaman ganja guna diambil bijinya tanaman ini sangat istimewa dikarenakan hasil biji yang akan tumbuh dari produksi biji bunga hermaprodite jika tumbuh maka sebagian besar akan menjadi tanaman betina dengan potensi produksi THC yang tinggi.

contoh bunga hermaprodite seperti ditunjukkan pada gambar dibawah ini :

Hermaprodite

Bunga Hermaprodite Perhatikan bunga betina tumbuh di atas dan bunga jantan tumbuh pada bagian bawah.

bunga betina dapat berubah menjadi hermaprodite jikalau tanaman mengalami stres, baik dari segi pencahayaan (terlalu banyak / kurang), pupuk yang berlebihan,atau perlakuan yang menghambat pertumbuhan (contoh: air yang kurang / berlebihan)

Tentang ganjaindonesia

Blog yang memaparkan tentang cara bercocok tanam ganja,baik dalam ruangan ataupun luar ruangan serta berbagai kultur dan budaya ganja yang ada di Indonesia
Pos ini dipublikasikan di Budidaya, Budidaya Dalam Ruangan, Budidaya Luar Ruangan, Ganja, Pra-berbunga dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

11 Balasan ke Identifikasi jenis kelamin tanaman Ganja

  1. Wong berkata:

    wah mantaf nih, Informatif banget,,,,,,,, Gw suka Gaya LOe

  2. celly berkata:

    apakah selama pertumbuhan kita bisa sedikit demi sedikit memanen daunnya?

  3. patah berkata:

    cari benihnya dimana ni, saya mau budidaya buat koleksi tanaman dirumah….! hee ..he..heee

  4. Ping balik: Pertimbangan Dalam Budidaya Ganja | Ganja Indonesia

  5. BARON berkata:

    LEGALIZE IT…!!

  6. Ping balik: Sekilas Mengenai Masa Berbunga Tanaman Ganja | Ganja Indonesia

  7. setelah biji berkecambah, kita memindahkan ke dalam polibeg dgn usia beapa hari brada..?

  8. syaifudin berkata:

    APAKAH SEMUA TANAMAN GANJA ITU TERMASUK DALAM GOLONGAN NARKOBA

  9. The Paps berkata:

    Open order seed & weed (LOKAL)proses 100% fast & safety

    seed 250K/20seed ( Jenis lokal Atceh Hazee)

    Weed : 2200k/BATU

    Weed Tester : 700k/1 METER350K/ 1/2 METER

    Min Tester Weed @100k

    *Free ongkir untuk Paket Tester

    CP (Whatsapp Only) : 082113027169

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s