Penyakit Pada Tanaman Ganja (Downy Mildew dan Powdery Mildew)

Penyakit Pada Tanaman Ganja (Downy Mildew dan Powdery Mildew)

Penyakit Pada Tanaman Ganja (Downy Mildew dan Powdery Mildew)

Powdery mildew merupakan salah satu penyakit jamur yang disebabkan oleh Sphaerotheca/Podosphaera dan Erysiphe. Infeksi powdery mildew dapat menyebabkan turunnya produksi dan kualitas Ganja.

Downy Mildew Disebabkan oleh cendawan Sclerospora maydis. Penyakit ini meyebabkan kerugian paling besar dalam budidaya Ganja.

Penyakit ini menyerang tanaman ganja baik vegetatif dan pembungaan pada daun ,batang dan tunas.

Akibat serangan penyakit ini, tanaman tidak dapat tumbuh dan berproduksi lagi. Penyakit ini berbahaya pada tanaman ganja yang berumur kurang dari 1 bulan.

Faktor-faktor yang mendukung berkembangnya penyakit ini adalah:
1. Kondisi lingkungan yang lembab (musim hujan)
2. Tanah yang lembab atau basah (irigasi jelek) mendukung perkecambahan jamur Sclerospora maidis.
3. Pemupukan N yang berlebihan dan sifat fisik tanah yang liat mempermudah perkembangan penyakit bulai.

Pencegahan

Untuk budidaya dalam ruangan Usahakan Mengurangi kepadatan tanaman. Berikan Ruang untuk meningkatkan sirkulasi udara. Jangan menempatkan tanaman secara langsung terhadap dinding atau ke sudut.

Untuk budidaya Luar Ruangan Pengedalian yang utama adalah mengatur waktu tanam, sehingga pada awal musim hujan tanaman Ganja telah berumur lebih dari 5 minggu. Dengan kondisi cuaca sekarang yang tidak menentu, saluran irigasi harus lancar.Perlakuan benih dengan fungisida yang mengandung belerang atau tembaga, agar konidia yang terbawa benih tidak berkembang.

Jika Tanaman Telah diserang sangat sulit untuk membasmi hama ini 100% pembudidaya Dianjurkan melakukan langkah pencegahan dan deteksi dini pada tanaman.

Pindahkan Tanaman Yang Telah Terinfeksi dan lakukan pemangkasan pada bagian yang terserang.

Tentang ganjaindonesia

Blog yang memaparkan tentang cara bercocok tanam ganja,baik dalam ruangan ataupun luar ruangan serta berbagai kultur dan budaya ganja yang ada di Indonesia
Tulisan ini dipublikasikan di Hama, Masalah, Penyakit dan tag , , , , . Tandai permalink.

16 Balasan ke Penyakit Pada Tanaman Ganja (Downy Mildew dan Powdery Mildew)

  1. jamaican berkata:

    gan plis..
    tling ane…
    ane nubi bngt nie
    ane pnya baby umur 2mnggu ada 6baby
    gmn gan cra mengatur chya
    kpn pmbrian ppuk npk
    slma ini ane pke lampu biasa 40w
    kondisi baby batang kecil memanjang
    gan kpn si baby punya daun baru umur brpa gan
    plis gan bantu ane…

    • em fharied berkata:

      mudah bangat nanamnye…lu pnya lemari ga…nah kalo ada…lu sedian lampu per yang 80wtt.nah sedian pot yang sdang kasih tnah bagus kualitasnya,,lu tau kan tanah yang bagus to kyk gimnana..( lemari di kasih lampu…masukin pot yang udah di kasih tanah taburi bajing,siram,,jangan terlalu banyak air kira kira 2 gelas …tutup lagi ama tanah kira kira 3 cm siram lagi dengan air tgah gelas…idupin lampu..12/12…siang idupin , malam matiin lampu tunggu hinga 3-5 hari…nahhh bayi udah nogol to…biarin dulu…kalo uda tumbuh to bayi..nah sekarang giliran lampu setel..dekatin to lampu kebayi kra jarak 15 cm..sampek umur satu bulannn, jangan kebanayakan siram, dikit dikit aja…sampek umur tiga bulan,,cimeng mulai ngeluarin aroma to,,kalo di pegang…

      • java berkata:

        gan ane pnya beby udah hampir 1bln,tp kok g besar2 y trus skarang daun ma batangnya kekuningan trus ada bintik2ny..
        tolong bantuanya.. ane nanem diluar ruangan..

  2. em fharied berkata:

    gua sih liat di internet,,,,kan ada internet…salakedap…

  3. awal berkata:

    ommm tlng gw nhh….gw punya beby cimeng udah ada daon 2 eh daon’a ada coklat2 gtu, gmn dong bntu gw..

  4. awal berkata:

    percis kya di ata penyakit cimeng gw..gmn dong nih syng kalo mati..

  5. abdi berkata:

    mau nanya om, pernah nih cicipi ganja yg berbau tanah/kulit kacang.
    apa yah penyebabnya? dan gi mana pencegahannya..???

  6. falcon berkata:

    Macamana mau dapat benih yang baik

  7. Johan Efendi berkata:

    Oya gan bagusnya nanem bajing dgn sistem rendam atau langsung kemedia tanam ( tanah )
    tlg jawabanya gan ane punaya bajing 100 Biji tgl 32 biji karan busuk…?????

  8. Pemake berkata:

    Boleh nih testeran na 1 kg mah

  9. Paktani berkata:

    untuk penyakit-penyakit tersebut coba semprotkan fungisida merknya Cabrio untuk umur 7-14 hari selama 4 hari sekali, dan fungisida Acrobat untuk umur 14 hari lebih sampai 90 hari atau sampai berbunga dengan rentang waktu 7 hari sekali dengan dosis 1 sendok teh fungisida di campur dalam 1 liter air….

  10. rinron berkata:

    Alex banjarnya dmna? Gua bru pindah k banjar susah bangt nyari weed disini,klo bsa sharing kabar2in lh,udah 3bulan gk high :)

  11. Rasw Alamsyah berkata:

    sedia benih ganja lokal siap tanam 200rb @15benih minat PM/email ras.alamsyah420@gmail.com

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s