Membuat Benih Ganja Feminim

Kesulitan mendapatkan benih feminim / ganja betina menjadi suatu alasan mengapa jumlah produksi serta kualitas ganja yang dimanfaatkan hasil bunganya menjadi menurun.

Membeli benih ganja yang sudah di feminimkan dari seedbank sangat mahal dan belum banyak tersedia di indonesia. disini saya akan mejelaskan sedikit pengalaman dan beberapa metode agar pembudidaya ganja dapat membuat benih ganja feminim sendiri,guna meningkatkan hasil produksi tanaman betina serta mengembangkan keaneka ragaman varietas ganja di indonesia, harapan team ganja indonesia adalah semua pembudidaya ganja di indonesia menjadi lebih maju.

Biji Benih Ganja

Proses pembuatan benih ganja yang berkualitas dengan biji selalu melalui proses penyerbukan,jika kita melakukan penyerbukan tanaman ganja dalam satu varietas dengan satu tanaman betina dan satu tanaman jantan, maka benih yang akan menghasilkan prosentase tanaman betina dan tanaman jantan ialah 50:50 lantas bagaimana membuat prosentase benih ganja betina yang dihasilkan menjadi lebih banyak?

Beberapa yang perlu diketahui terlebih dahulu ialah Metode Pencarian bibit unggul

Tanaman dari biji harus sudah berproduksi minimal lima musim, untuk mengetahui kemantapan sifat yang dibawanya.

Pencarian pohon induk untuk mendapatkan jenis tanaman unggul dengan bebeapa cara:

  1. Pertama, adalah cara eksplorasi, yaitu kegiatan pencarian pohon induk dengan cara melacak suatu tanaman ke daerah sentra budidayanya sampai dengan tumbuhan yang tumbuh liar di hutan. Tempat tersebut mempunyai ribuan pohon ganja yang tumbuh secara alami dan di antara tanaman ganja tersebut terdapat beberapa varietas yang mempunyai sifat-sifat unggul walaupun merupakan tanaman dari biji serta tumbuh setengah liar di alam.
  2. Kedua, dengan cara promosi, ialah kegiatan pencarian pohon induk dengan cara mengadakan kejuaraan kualitas unggul,dari lomba tersebut muncul ganja unggul baru yang berpotensi sebagai pemenang lomba. Contoh yang paling terkenal adalah Cannabis cup.ajang kompetisi ini adalah lomba budidaya ganja yang diselenggarakan sejak 1987 dan sekarang sudah 25 th sudah menghasilkan banyak sekali bibit ganja unggul dan dtetapkan sebagai kualitas internasional.
  3. Ketiga, dengan cara introduksi, yaitu kegiatan pencarian pohon induk dengan cara mendatangkan atau membawa jenis buah yang terbukti unggul dari daerah atau negara lain. Cara ini merupakan jalan pintas untuk mempercepat perolehan bahan tanaman yang telah diketahui sifat keunggulannya. Hal yang harus diperhatikan adalah kesesuaian keadaan iklim, tanah dan cara budidaya pada tempat tumbuh asalnya dengan keadaan tempat tanam yang baru,agar kualitasnya tetap baik. Masalah lain yang muncul adalah adanya hama dan penyakit yang sebelumnya tidak diketahui di daerah asalnya, tetapi muncul setelah tanaman tersebut ditanam di tempat yang baru.

Guna memproduksi benih feminim pembudidaya memerlukan minimal 2 tanaman betina,kita akan mengambil serbuk sari dari salah satu tanaman betina.

Hah..!!!

Tunggu dulu..Serbuk sari dari tanaman betina? ente Skip gan?.

Yup…. eh… Ngga Ane Ngga Skip..

Karena tanaman ganja betina akan dimanipulasi agar menjadi tumbuhan hermaprodit yang memilki kelamin ganda sehingga menghasilkan benang sari / polen yang menghasilkan serbuk sari, dalam hal ini kita memerlukan gen dari tanaman betina yang mengisi prosentase lebih besar untuk hasil benih feminim, inilah penjelasan mengapa tanaman yang mengalami pertumbuhan hermaprodit apabila menghasilkan benih, maka benih tersebut akan dominan betina,

seperti contoh penyilangan jenis dibawah ini

Persilangan Ganja

Bagi pembudidaya yang ingin memproduksi benih maka tanaman hermaprodit lebih dibutuhkan, saya ribadi lebih senang menggunakan tanaman hermaprodit daripada memanipulasi tanaman betina agar tumbuh benang sari, Lebih Alami dan Natural.

Ada 2 cara Mengenai Metode perlakuan induk tanaman ganja betina yang akan ditumbuhkan serbuk sari atau bunga jantan.

1. Menggunakan Metode Semprot koloida Perak (proses kimia)
2. Menggunakan Metode Rodelization (Alami)

Masing–masing metode kelebihan dan kekurangan, mari kita bahas satu persatu.
Menggunakan metode Koloid Perak cara ini memilki keuntungan yang sangat di inginkan oleh pembudidaya yang ingin menghasilkan benih dalam jumlah yang selalu konsisten dan dapat dinaikan kontrol produksinya sesuai keinginan pembudidaya, kemudian dapat memanipulasi bahkan satu tanaman dengan kloningnya yang notabene memiliki karakter genetika yang sama karena berasal dari pohon yang sama.

PERHATIAN..!!!

Tidak Aman Mengkonsumsi Bagian Tanaman Dimana Koloida Perak Disemprotkan Walaupun Benih yang dihasilkan sangat aman 100%

Bahan yang kita perlukan adalah koloid perak , dapat kita peroleh dengan membeli di apotek / membeli online atau dengan membuatnya sendri (untuk peraknya sedikit mahal karena harus murni perak).

Yang Jualan Tanya Kesini
Bagaimana membuat koloid perak sendiri?
1. battrey 9 vBatrey 9 V2. konektor Battrey 9 v + kabel + jepit buaya (kalau ada)

Jepit Buaya

3. dua (2) potong perak murni (Harus 99% !!!)

Perak Murni Potongan
4. Air Suling / Air yang sudah di destilasi(Air Murni Hasil Sulingan aquadest)

Air hasil destilasi

Koloid perak dihasilkan dari dua potong perak murni yang direndam kedalam air suling serta diberikan aliran listrik, ion perak akan terikat di dalam air serta menjadikan cairan tersebut menjadi koloid perak. rangkai semua menjadi satu rangkaian seperti pada gambar ini :

Membuat Koloid perak sendiri

Tidak akan terjadi reaksi apa-apa pada saat pertama kali arus listrik diberikan, (Diamkan selama semalam) perubahan akan muncul kesokan harinya saat koloid perak akan digunakan,perak akan terlihat bercak2, dan jika ingin menggunakan,amplas bagian perak yang terkena bercak akibat reaksi tersebut.

PENTING..!!!

Hindarkan Cairan Koloid perak dari sinar, atau warna akan berubah menjadi abu-abu gelap dan tidak dapat digunakan lagi.

Nah, material sudah kita dapatkan lantas bagaimana cara penggunaan koloid Perak ini?

Pembudidaya Harus Menyemprotkan larutan koloid perak pada bagian yang akan ditumbuhkan bunga jantannya secara kontinyu tepat pada saat tanaman tersebut sudah memasuki masa berbunga, sebagian pembudidaya senang menyermprotkan pada tunas yang terdapat pada bagian bawah sehingga bagian bunga atas yang tidak terkena kontak dengan cairan koloid perak dapat dikonsumsi Uhuk.Uhuk.Uhuk..Beghi..

(ehm..) Dengan cara ini maka pembudidaya akan melihat tumbuhnya kelamin jantan pada bagian kuncup yang disemprotkan secara kontinyu setiap hari (harus setiap hari), biasanya bunga jantan muncul setelah 10-14 hari hentikan penyemprotan saat tanda-tanda bunga jantan terlihat. Pembudidaya harus menunggu sampai bunga jantan membesar dan menampung banyak serbuk sari.kemudian dikeringkan selama 1 minggu lantas akan digunakan menyerbuki bunga betina untuk produksi benih.

Serbuk Sari.

Metode diatas sangat bagus karena kebanyakan jenis tanaman ganja akan positif menunjukkan kelamin jantan.

[Peringatan (sekali lagi)]

Tidak dianjurkan mengkonsumsi tanaman yang disemprot dengan koloid perak.

Metode Yang Kedua ialah Metode Rodelization adalah metode pemuliaan tanaman ganja untuk benih secara alami,ini adalah cara kesukaan saya, karena prosesnya alami , ramah lingkungan dan tidak menggunakan bahan kimia serta prosesnya sangat sederhana, akan tetapi memiliki kelemahan untuk menentukan jumlah serbuk sari yang akan dpakai untuk memproduksi benih.tidak semua karasteristik jenis ganja sama utuk diproses dengan cara in, setidaknya kita harus memahami bagaimana sifat tanaman tersebut selama beberapa kali masa panen,atau dengan tanaman kloningnya yang dipelajari.
kita tahu bahwa tanaman ganja dapat mengalami stres akibat tekanan serta perlakuan yang ekstreem (PH, cahaya, udara, dll), sehingga menghasilkan tanaman hermaprodit yang meghasilkan serbuk sari, namun untuk membuat tanaman menjadi hermarodit tidak selalu mudah karena banyaknya jenis dan sifat serta karakteristik tanaman ganja ini. secara sifat alamiahnya tanaman ganja akan bertahan untuk selalu beregenerasi guna kelangsungan spesiesnya.

Bunga jantan akan tumbuh apabila bunga betina mengalami mengalami keterlambatan dalam produksi biji (sinsemilla yang terlalu lama berbunga serta terlambat untuk di panen) bunga jantan biasanya muncul pada 10-14 hari setelah tanaman ganja sinsemilla telat dipanen, tanaman unik ini membentuk kelamin ganda secara alami dan natural (namun tidak semua memiliki rentan waktu yang sama), bunga ganja jantan inilah yang akan digunakan untuk menyerbuk induk betina yang akan memproduksi biji.

Benih Ganja Betina

Proses penyerbukan dilakukan pada bunga ganja betina yang telah memasuki usia 2,5 Minggu, serbuki bagian bunga betina menggunakan serbuk sari dari bunga betina yang terlambat panen tadi. kebanyakan Pembudidaya menghindari terjadinya tanaman yang berkelamin ganda akibat mengalami stres, namun akan sangat berguna pada pembuatan benih feminim.

Jika menggunakan metode untuk banyak variasi persilangan maka akan menarik jika memasukkan tanaman hermy yang telah menghasilkan bunga jantan kedalam sebuah ruangan untuk menyerbuki perberapa jenis tanaman ganja betina yang berlainan, metode ini sangat mumpuni guna proses pencarian bibit unggul sesuai dengan karakteristk yang kita inginkan dan dapat didistribusikan sebagai benih feminim.

Salam,
We Still Fight For YourFreedom

./pot

Tentang ganjaindonesia

Blog yang memaparkan tentang cara bercocok tanam ganja,baik dalam ruangan ataupun luar ruangan serta berbagai kultur dan budaya ganja yang ada di Indonesia
Tulisan ini dipublikasikan di Berbunga, Teknik dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

36 Balasan ke Membuat Benih Ganja Feminim

  1. alex berkata:

    misi nih gan
    ane mau coba budidaya tanaman ini,biar gak tergantung sama bandar,masalahnya didaerah saya sangat langka buat nyari amunisi,otomatis sangat sulit untuk mencari biji untuk ditanam
    jika berkenan,mohon informasinya,bagaimana saya bisa mendapatkan seed atau biji untuk bisa saya tanam gan

    saya tinggal di banjarmasin

  2. maekel berkata:

    minta alamat emailnya boleh gak?? masih ada yang mau ditanya tanya tentang dmna saya bisa mendapatkan bibit yang sangat baik dan MM (murah meriah) thanks.

  3. budi berkata:

    selamat siang,
    saya berminat untuk membeli bibit atau produk olahan wed untuk kebutuhan pemakaian leisure. apakah ada yang bisa menginfokan harga dan kualitas dan kuantitas yang tersedia? tolong di email ke glock191919@gmail.com.terima kasih y

  4. rizqi berkata:

    Kenapa ya yang saya bijinya gak bisa numbuh akar terus?

  5. Paktani berkata:

    @rizqi, Itu karena Viabilitas benih kamu rendah, bisa karena mutasi gen (cacat bawaan) atau pengaruh zat kimia (media tanam yang kamu pakai engga bakus, misal kamu pakai tanah, tapi tanah itu bekas di semprot herbisida, atau tanah itu punya PH yang terlalu Basa)

  6. Surya berkata:

    Bro bibitnya beli dimana???
    tanam di pot bisa nggak?

  7. ahmad berkata:

    beli bibitnya dmn gan?

  8. viki verdiansyah berkata:

    ro gua pengen banget punya pohon ganja.?
    tapi gimana cara namemnya.?
    dan bisa ga kalo biji yang digunakan dari biji yang daunnya sudah kering.? dan siap dikonsumsi.?

  9. rdlsmn berkata:

    to the point aja bro, dimana sy bisa membeli ganja, mohon info
    rdlsmn@yahoo.com

  10. brayy berkata:

    man boleh tau di mana bibit berada ?
    email dong kerongkerong666@yahoo.com

  11. petaningedroop berkata:

    gan … ane pnya 13 tanaman
    tapi ko daun ny … ada serbuk putih ny yaaaa…
    knpa ya gan

    boleh tau sebab ny ….

  12. Pling mals dh klo bli bhan daptnya yg pait

  13. andoro marsa berkata:

    pake bibit yg ada pas kita beli daon kering itu bisa ga yak..yg tau coba jawab..suseh banget kayanye dapat jawaban paktani admin ;p

    • wh04m1 berkata:

      bisa bro. masalahnya ya untung2an. ga tau itu varietas apa. jd pakailah biji dr bahan yg udh jelas enak dan cukup tua.

  14. Harris berkata:

    Hub saya donk,ane tertarik nie…

  15. bimbim berkata:

    buat lu yg nanya.
    brawal dr biji yg di ambil daun kering itu bisa.
    lu kumpulin biji lu renem dalem toples slama 1 jm.
    lu ambil biji yg pd tenggelem kbawah.
    itu biji yg bisa di tanam.
    stelah itu lu simpen di kaen basah tp ga basah2 amat cukup bsah.
    lu simpen dlem toples.
    dlm 3 hari bisa liat tumbuh nya sama sperti toge.
    lu pindahkan ke dalem toples atau pot yg berisi tanam bekas bakaran sampah.

  16. Apai berkata:

    waduh , tolongin aku . kehabisan ganja dih . ngak isap 1 ari udah pening . bini ku kata seperti orang gila . tolongin aku mana mau dapat ganja nya , kalau bisa sama bibit nya skali . email gua donk yeepi50@rocketmail.com

  17. muri berkata:

    kirim email ke saya. saya mau pesan bibit nya

  18. ekuyit berkata:

    ente ouny apa ja yg ane cya

  19. teko berkata:

    jagan oe bsa tman krna tanah aceh yg berkasiat

  20. bangjim berkata:

    yang mau beli seed indo ane jual 76416f7c

  21. Farras Ryan berkata:

    saya mo cari benihnya gan,,, hubungi 081249602219

  22. utut jrs berkata:

    Gan, ane juga butuh ni buat terapi nyembuhin glukoma kalo ada yang jual bibitnya bisa hubungi ane lewat 100001871347397@facebook.com bisa juga langsung ke no 087826452228

  23. Danu berkata:

    saya butuh bibit ganja untuk penelitian
    tolong kirim email .. ini email saya:
    danjovi18@yahoo.co.id

  24. Ras Alamsyah berkata:

    jika ada yg mencari seed/biji email aja : ras_alamsyah123@yahoo.co.id

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s