Pertumbuhan Fase Bibit Tanaman Ganja

Pertumbuhan fase pembibitan tanaman ganja
Pada fase pertumbuhan ini tanaman ganja memiliki satu batang yang tumbuh keatas dan masih memiliki  cotyledon sebagai cadangan makanannya,karena akar yang dimiliki oleh tanaman ganja pada fase ini belum dapat memenuhi jumlah pasokan bahan makanan yang digunakan untuk proses tumbuh,dikarenakan kondisi akar yang masih belum dapat mengumpulkan sari-sari makanan secara optimal dan masih dalam kondisi rapuh.

pertumbuhan ganja pada masa pembibitan

pertumbuhan ganja pada masa pembibitan

Pada fase ini tanaman ganja sangat sensitif dan sangat perlu perawatan yang intensif karena pada fase ini tanaman lebih rentan mati.

pada fase ini pembudidaya harus memiliki banyak kesabaran, karena setidaknya harus menjaga dan menunggu sampai tanaman ganja dapat di pindahkan ke media tanam yang memiliki volume lebih besar.

pembibitan

Masa pembibitan tanaman ganja

Pada umumnya tanaman ganja memiliki fase seedling yang berbeda-beda berdasarkan jenis serta kondisi tempat pertumbuhan tanaman ini. usia untuk fase pembibitan ini adalah antara 1-4minggu. Beberapa pembudidaya menandai bahwa masa fase pembibitan ini berahir adalah dengan daun cotyledon telah layu serta daun pertama yang tumbuh akan terlihat menguning.

ahir masa pembibitan

ahir masa pembibitan

untuk pertumbuhan optimal perlu diperhatikan untuk masa pembibitan ini ialah:

bibit setidaknya memerlukan setidaknya 16 jam masa cahaya dan 8 jam kondisi gelap,banyak dari berbagai pengalaman pembudidaya seringkali memberikan 18-24 jam masa cahaya dengan harapan tanaman tumbuh lebih cepat, akan tetapi masih banyak perdebatan tentang pemberian 24 jam cahaya, karena masih ada yang beranggapan bahwa tanaman ganja juga memerlukan siklus malam guna pertumbuhan akar.sebagian keterangan pembudidaya jika masa bibit ini diberikan 16 jam kondisi pencahayaan dan 8 jam kondisi gelap, maka bibit yang akan tumbuh cenderung menjadi tanaman dengan jenis kelamin betina.

bagian pencahayaan sangat penting, untuk biaya yang terjangkau dan hasil yang optimal, lebih disarankan menggunakan lampu dengan jenis T5 fluorescent 5600K untuk ukuran wattnya disesuaikan dengan jumlah bibit yang ada

Lampu T5 fase pembibitan tanaman ganja

Lampu T5 fase pembibitan tanaman ganja

jarak antara tanaman dengan lampu adalah 2 sampai 6 inci atau 5-15cm dari tanaman.

kondisi akar yang rapuh mengakibatkan tanaman ganja membutuhkan suhu yang hangat dan konstan 25° – 27°C.

jangan terlalu banyak memberikan air pada fase ini,karena akar sangat rentan busuk jika dalam kondisi terlalu banyak air.

pada fase pertumbuhan tanaman ganja dalam waktu 10-14 hari harus memiliki daun sejati yang berukuran lebih besar dari cotyledon.pada masa ini kelembaban adalah yang paling perlu dijaga.

yang paling perlu diperhatikan untuk menjaga kelembaban ialah. jangan kita gunakan tempat Pengatur kelembaban,karena pertumbuhan bibit dari biji berbeda dengan pertumbuhan bibit dari kloning [kloning akan dijelaskan lebih lanjut].

Jangan Memberikan Pemupukan yang berlebihan pada saat fase ini, bahkan pada fase ini termasuk juga pada tanaman cloning, tidak diperkenankan memberikan pupuk.jangan memberi pupuk bibit ganjaSerta tidak kalah penting yang perlu diperhatikan oleh pembudidaya adalah,merawat tanamannya dengan penuh kasih sayang.

Tentang ganjaindonesia

Blog yang memaparkan tentang cara bercocok tanam ganja,baik dalam ruangan ataupun luar ruangan serta berbagai kultur dan budaya ganja yang ada di Indonesia
Tulisan ini dipublikasikan di Budidaya, Budidaya Dalam Ruangan, Budidaya Luar Ruangan, Fase Bibit dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

20 Balasan ke Pertumbuhan Fase Bibit Tanaman Ganja

  1. Shu berkata:

    salam knal, bener2 newbie nih, maklum ini eksperimen pertama.. mau bagi2 cerita. Gw punya baby weed ada di fase ini, umurnya masi 2 minggu lbh, media tanam tanah organik.. tingginya uda 2,5 cm.. syukur deh spt’nya sesuai petunjuk, daun pertama yg tumbuh udah lbh besar drpd cotyledon.. daun ke 3&4 uda mulai kliatan.. pencahayaan pake lampu neon meja kerja, biasanya kl uda mulai gelap gw idupin lampunya, atr jam 3-4 subuh gw matiin.. smoga hasilnya betina, biar bisa jd induk buat fase kloning… indahnya berbagi…. yg jd pertanyaan adl, pd media tanam, gw nanem marigold (jenis bunga) dgn jarak skitar 2-3 cm dr si baby weed, kira2 mengganggu pertumbuhan si baby ga ya? thx pisan Ganja Indonesia… salam hormat buat para suhu, mohon bimbingannya..

  2. agus berkata:

    saya butuh bibit…ada yg bisa bantu…? …email ke dialogstudio.bone@gmail.com…..ditunggu kabarnya

  3. Opi berkata:

    Saya juga butuh tolong beri tau kbar.a….

  4. djaho berkata:

    klo saya butuh bibit dan juga yg buat di pake :) saya d semarang :)

  5. jamaican berkata:

    maaf nie suhu…
    daun contylegon itu yg gmn ya
    sy punya baby umir 2mnggu
    kpan wkt yg pas pmbrian ppuk
    untk saat ini sy hnya mmkai tnah

  6. dodol berkata:

    pakae logika aja….
    kayak nanam cabe aja…ga usah repot-repot nyong…

  7. efra berkata:

    ane ada sedd californian skunk ama smoke haze aceh(gayo) kualitas bagus.
    pm ke fraimjojo@yahoo.co.id tks

  8. efra berkata:

    ane ada seed ganja varietas californian skunk ama smoke haze aceh(gayo) kualitas bagus.
    pm ke fraimjojo@yahoo.co.id tks

  9. @TanamanGanja berkata:

    Punya gw lg di fase ini. Tinggi udah 5cm ada 18 pohon. Nah kemaren malem ga tau diserang apa. Pagi gw cek, tanah, pot, taneman berantakan and semua taneman layu. Buru2 gw rapiin, gw tanem lg. Gw tugguin (ampe gw ga gawe) lama2 malah mati semua. Sedih bgt sedih.
    Nah tp numbuh lg 2 pohon udh di fase ini. Kalo ada yang minat seed kontak aja edukasiganja@yahoo.com

  10. danang tarso berkata:

    ngasih airnya yg bagus enaknya gmna ya?,msh bingung ane…

  11. adi susilo berkata:

    horeeeee punya gue tumbuh 3 bro…mudah2an bisa lancar terus

  12. robby berkata:

    hati2 kpd semua agan2 yg baca.. website SEEDOFGANJA.COM itu penipuan

    saya adalah korban yg tertipu dan saya siap mempertanggung jawabkan apa yg saya tulis

    awal nya di website, harga seed yg saya bveli hrga nya 400rb.. saat saya kontek seller lewat email, jumlah yg msti saya trnsfer meningkat dari 400 ribu menjadi 500rb.. setelah saya trnsfer saya di paksa untuk membeli lemari untuk tanem seed indor dan perlengkapannya seharga 800rb.. dg alasan, ketentuannya kalau beli seed diwajibkan untuk membeli lemari dan perlengkapannya.. sedangkan dari awal pembicaraan sampai saya trnsfr sama sekali tidak membahas tentang lemari itu..

    lalu saya blg ke seller kalau kirim dlu aj seed nya, setelah barang sampai saya lgsg trnsfr 800rb untuk lemari itu tetapi seller tetep blg tidak bisa krn sudah ketentuan nya bgtu..

    akhr nya saya blg untuk kembalikan uang saja dg mksd saya meng cancel transaksi kita..

    tapi sampai sekarang email blm di balas

    no rekening yg saya trnsfr suandy 837-012-2165 bank BCA atas nama Suandy chandra

    untuk agan2 yg cari seed, hati2 dg seller yg 1 ini, jgn sampai menjadi korban penipuan lg..

    • robby berkata:

      bagi member LGN harap di post kedalam arsip LGN agar para member LGN tidak di rugikan oleh penipu ini..

      saya sangat berani bertanggung jawab atas berita yang saya tulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s