Panduan Perkecambahan Ganja I

Metode Perkecambahan untuk ganja

Benih ganja dapat berkecambah dengan berbagai cara yang berbeda-beda,bisa tergantung menurut media yang akan digunakan untuk menanam, apabila anda berkeinginan untuk menggunakan media hidroponik,bublephonik,atau media lain,bisa menggunakan metode tissue basah dan juga rockwool,akan tetapi jika akan menggunakan media tanah maka anda bisa juga langsung menempatkannya di tempat dimana ia akan tumbuh.

Metode Perendaman

metode ini adalah metode yang banyak sekali di gunakan dan juga beberapa improvisasi dapat dilakukan dengan metode ini.

Dengan metode ini yang kita perlukan adalah:

  • biji ganja
  • air
  • gelas
  • tissue / media tanam

metode ini secara singkat adalah dengan cara merendam biji ganja kedalam air, dengan cara memasukkan air ke dalam gelas kemudian biji ganja dimasukkan ke dalam gelas

Metode perendaman perkecambahan ganja

Sumber Gambar : cannaversity.com

proses perendaman biji ganja

kemudian setelah itu taruhlah gelas dalam ruangan yang gelap dengan suhu udara 21-32* C,suhu terbaik agar biji ganja dpat tumbuh adalah 25* C, dengan metode ini air akan masuk kedalam biji ganja dan memicu hormon yang ada di dalam biji ganja untuk mengirimkan sinyal untuk menumbuhkan Radikula.dalam proses ini biji ganja akan tumbuh dalam waktu 24jam – 8 hari, ada beberapa metode setelah perendaman
– dalam waktu 24 jam, setelah biji ditaruh di tempat gelap selama 24 jam maka akan terlihat biji yang tenggelam kebawah, kemudian biji dipindahkan kedalam media tanah atau rockwool kemudian diberikan cahaya agar tumbuh, metode ini dapat di terapkan untuk biji dengan kualitas bagus.

- setelah biji direndam selama 24 jam kemudian pindahkan biji pada tissue yang dibasahkan, kemudian proses dilanjutkan dengan menaruh tissue ke dalam ruangan gelap dan lembab sampai biji ganja berkecambah.

- setelah biji direndam dalam waktu 24 jam maka tunggu sampai kondisi biji tersebut berkecambah di dalam air, proses biasanya akan terjadi dalam waktu 3-5 hari dengan biji kualitas bagus.

Perkecambahan Biji Ganja

Sumber Gambar : cannaversity

setelah biji berkecambah maka anda bisa memindahkannya ke media tanam yang ingin anda gunakan.

Metode Tissue Basah

Metode ini sangatlah sederhana bahan-bahan yang diperlukan ialah :

  • Air
  • Wadah misal : piring  / kotak makanan
  • tissue

Langkah langkah yang harus dilakukan ialah:

- letakkan satu lembar tissue pada wadah ataupun piring kemudian basahi dengan air biasa atau air mineral.
– susun rapi biji ganja seperti terlihat pada gambar berikut.

Perkecambahan Ganja Media tissue

Perkecambahan Ganja Media tissue // Sumber gambar : marijuanagrowguide.net

Proses Perkecambahan biji ganja

Sumber gambar : Marijuana Horticulture The IndoorOutdoor Medical Growers Bible

- kemudian tutup kembali menggunakan tissue, dan basahi menggunakan air.

- simpan wadah tadi pada ruangan dengan suhu udara 21-32* C

-periksa biji ganja setiap 2 hari sekali. jika ada yang tumbuh segera pindahkan kedalam media tanam yang anda inginkan

Kecambah Ganja

Kecambah Ganja

Setelah biji ganja tersebut tumbuh maka pindahkan kedalam media tanam diagram proses pemindahan kecambah yang seperti gambar berikut.

Pindah benih ganja

Pindah benih ganja

Tentang ganjaindonesia

Blog yang memaparkan tentang cara bercocok tanam ganja,baik dalam ruangan ataupun luar ruangan serta berbagai kultur dan budaya ganja yang ada di Indonesia
Tulisan ini dipublikasikan di Budidaya, Budidaya Dalam Ruangan, Budidaya Luar Ruangan, Perkecambahan dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

67 Balasan ke Panduan Perkecambahan Ganja I

  1. UPi Ya UPi berkata:

    sehari bisa buka blog ini 15x gue
    saluteeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee

    • ganjaindonesia berkata:

      terima kasih sodara upi :-) pelan tapi pasti untuk indonesia, hanya melakukan secuil apa yang kita mampu lakukan,
      jangan lupa kunjungi dan ramaikan halaman kami Ganja Indonesia di facebook
      terima kasih

      • pimen... berkata:

        You are The best …….

      • jaffar berkata:

        Mau nanya dong gan saya kan nanem daun ini udh 2 minggu dan ukuran’nya kurang lebih satu jari, nah suatu saat saya pengen daun ini cpt tumbuh besar nah saya kasih pupuk tuh sebelum’nya pupuk’nya saya remukin dulu dan satuin sama air, gak lama daun saya layu batang’nya pun kebawah sampe nyentuh tanah, kesalahan saya dimana ya? Saya salah kasih pupuk khusus tanaman bebuah/ saya satuin pupuk dengan air?

    • syugsyug berkata:

      Setelah mengikuti tulisan2 di atas,,biji2 pun mulai berkaki,,nah sekarang tinggal media tanam apa yg simple dan bagus?? Tolong bimbingannya dari master2,,tq

  2. ridho bahaweres berkata:

    nich blog bener2 buat saya jadi lebih faham cara menanam yg benar..thank’s ganja indonesia..respect..

  3. Nanda psx berkata:

    Ajibbbb ,,,,,

    Mari bercocok tanam…
    Go Green …

  4. UPi Ya UPi berkata:

    nanya dikit dong broo
    itu kan gue liat ada pict dimana seed mulai nongol kaki2 nya di dlm air
    gmana cara nya itu seed bisa tumbuh berkecambah gn cara ngambang dan mulai keluar kaki2 putih dr biji
    sedangkan seed yg bagus kan katanya supposed to be tenggelam hehehe
    nubie bgt nih gue,tapi semangat gue tingkat advance klo soal bginian he2

    • ganjaindonesia berkata:

      sebagian biji memang menunjukkan kondisi mengapung saat sedang dalam proses perkecambahan, secara alami proses perendaman dengan air adalah membiarkan air masuk kedalam pelindung biji dan memicu hormmon agar tumbuh, menurut pengalaman kami biji yang tenggelam sangat bagus untuk di kembang biakan, sedangan biji yang mengapung belum tentu tidak tumbuh , biji mengapung bisa di sebabkan karena pelindung dari biji tersebut kuat dan dalam kondisi bagus sehingga air meresap kedalam biji lama,
      ini kebanyakan ditunjukkan pada sebagian biji yang telah dibuat menjadi feminized, biji feminized disini berarti biji ganja yang akan ditanam adalah bagian puncak dari genetika tanaman ganja, biji yang telah mengalami rekayasa sehingga sulit untuk melakukan produksi biji kembali akan tetapi memiliki kalitas optimal dari jenis tersebut, biji feminized dikhususkan untuk budidaya tanaman dengan jenis kelamin perempuan dan cenderung stabil.

  5. Ping balik: Panduan Perkecambahan Ganja II | Ganja Indonesia

  6. linc D.B Copper berkata:

    Great for green the world…….

  7. The milo berkata:

    smoga halaman ini bisa jadi panduan yang bagus bagi para petani ganja di indonesia,agar terciptanya swasembada gnja indonesia.Agar tidak terjadinya kelangkaan ganja di daerah-daerah yang sulit di jangkau para distributor,mungkin dengan panduan yang di berikan halamn ini lebih bisa membangkitkan semangat para petani.

  8. david berkata:

    makasih untuk sharing informasinya :D

  9. nelin trisnawati berkata:

    sudah beberapa kali nyoba nanem tapi gagal.. kayak nya ni perlu dicoba nih.. :D

  10. brata marijuana from papua berkata:

    gw thu suka banget ma yg namanya ganja,tp gw uda coba nanam tp qok gagal mulu,n yg uda nyoba ganja dari papua gw tnggu komen loe pada di e-mail gw.

  11. Jony berkata:

    Bi2t nya bli dmne?

  12. pemula berkata:

    mau tanya mas bro..
    Kok w setiap proses perkecambah tidak pernah berhasil y mas bro kira2 udh 1/5 ones bji tidak ada yg mau ngecambah..
    Tolong bntuan ny mas broo..trims

  13. aus berkata:

    ada yg bisa bantu bibitnya…?..beli dimana..? tolong kasih info

  14. Taslan Aja berkata:

    entah yg keberapa kali ni blog w buka.. wkwkk!

  15. djaho berkata:

    bikin kangen aja ni blog,..ada yg mau berbagi gag ma gue :)

  16. dj,batara berkata:

    pengen dapet biji bibit gy baik di mana?

  17. marley berkata:

    Mohon info
    proses perendaman cukup 24 jam atau smpai biji berkecambah…..
    Dan media tanamnya apakah asal tanah atau ada yg lainya…..
    Maklum…….masih bego hahhahahah…piss..

  18. Dhani Siob berkata:

    ,,,,,,,alami tanpa bahan kimia,,,tanpa bahan pengawet,,,sudah saatnya “we back to nature”,,,,

  19. Om kalo direndam itu yg bagus yg diatas apa yg tenggelam??

  20. black susilo berkata:

    Master…!! Tuluuuuuung.. Dari SMP ampe umur gw sekarang 28.. Kaga pernah berhasil nanem. Pke cara rendam digelas udah, ampe sekitar 5 hr, kaki2 ga nongol, eh malah bau bgt tu gelas, gw ganti airnya trus 5 hr kmudian gtu lg. Trus cara langsung taro di media tanam (gw pke tanah n pupuk organik) ga berkecambah jga,,, malah ampe pd meletak tu biji. Pdhl gw pengen bgt ngeliat biji2 indah ini tumbuh kaki. Mohon penjelasannya dong.. ( ⌣̩_⌣)

  21. wahyu berkata:

    Bisnis Online Yang Menjadikan Facebook Sebagai
    Media/Sarana Penghasil Uang Dengan System Terbaru
    Komisi 100% Untuk Anda ,dengan hasil yang luar biasa dan sangat mudah dijalankan,

    dan satu lagi,bagi yang mempunyai blog,blog anda akan bertambah fungsi sebagai mesin penghasil uang anda.

    Klik atau copy paste link berikut:

    http://tinyurl.com/bv5oe2e

  22. Shaft berkata:

    Are You Kidding Me????!!!!

  23. muhammad luthfi berkata:

    semoga dengan ilmu ini aku berhasil membudidayakan ganja indonesia, terima kasih..

  24. rizqi berkata:

    Kenapa biji saya gak bisa pecah2 ya?

  25. upil berkata:

    baru tahap perendaman… minta doa nyah kawan salam senyum :p

  26. upil berkata:

    biji 2 hari baru ada yg tenggelam tapi cuma sbagian…
    yg tenggelam sudah saya pindah ke tisu smoga cepat berkecamba lahh..
    salam senyum :)

  27. upil berkata:

    alhamdulilah biji punya saya sudah berkecambah/udah jadi kaya toge proses nyah cuma saya rendam di air di dalam gelas 2 hari baru ada yg tenggelam lalu yg tenggelam sudah saya pindah ke tisu basah..!
    lalu 3 hari kemudian saya cek kembali dan setelah saya lihat yg tumbuh malah yg di remdam di gelass dan yg di tisu malah tidak tumbuh
    yg sudah tumbuh saya pindah kan ke dalam toples nastar kemudian saya taruh di di jimbe punya saya tapi atas nyah sudah tidak ada kulit nyah alias bolong.. next saya taro biji yg sudah berkecamba di tomples yg sudah di beri tanah merah kemudian di tutup menggunakan jimbe yg atas nyah bolong .fungsi nya agar tidak ketahuan nyokap dan biar bisa saya kasih lampu di atas jimbe tersebut !

    kita lihat apah hasil nyah mudah2an bisa tumbuh
    salam senyum :p hehe piss

  28. upil berkata:

    alhamdulilah mancay punya saya sudah tumbuh tapi ko hanya batang nyah sajah yg semakin hari semakin tinggi tapi daun nyah tidak melebar setalah 1 minggu …perawatan selanjut nyah bagai mana bro tolong imfo donk?

  29. bagus berkata:

    ane punya tips juga nih,,waktu ane baca blog ini ane langsung praktekin tuh caranya yang di remdem pake air abis itu ada yang tenggelem ane taro di tutup toples diatasnya ada kapas kecantikan trus di basahin,abis itu ane taro biji kapas tadi di atasnya trus di tutup lagi pake kapas tapi kapasnya ane tipisin jangan lupa di basahin lagi..tunggu sekitar 1 minggu sambil di cek tiap hari kadar air dalam kapas kalo kering tambahin sedikit air..alhamdulilah tumbuh juga tuh si beby …moga bisa membantu

  30. jibaxt berkata:

    ane dah tumbuh dari 3 biji bro, tp yg atuh ini kok batangnya panjang , baru tumbuh 4 helai daun 2 daunnya udah berbentuk daun BAX hehhe,
    kenapa batang dari tanaman ane panjang ya bro..? apa lampunya kedeketan yak .. soalnya indor gua nanem ,

  31. rasta papua berkata:

    makasi buat teman-teman yg uda kasi infonya.. gua uda nyoba ternyata berhasil…,

  32. taxtimaw berkata:

    dimana dapat biji nya gan bisa bantu nga…

  33. ayunda2014 berkata:

    goo green hahaha

  34. Kalo beli biji ganja di mane yeh bro

  35. Bro kalo ganja yang udah siap pakay kalo itu biji nya bisa di tanem ga yeh bang info nyeh dong

  36. ayunda2014 berkata:

    CARA MUDAH MINTA BANTUAN KE POLISI JDI MUDAH

  37. rastabanana berkata:

    AYUNDA@ Eh lo aje sni gue tanem dibalik jengkot biar ngakar lo ampe brtaun2 anjing…..
    lo klo kga suka mnding nyimak aje da, bikin spaneng lo anjing

  38. Fikar Pattiwara berkata:

    bang klo pke floram foam
    mank lubangx haruss ampe tmbuss bang
    mohaon jwabanx

  39. Joe berkata:

    misi para sesepuh sekaliann,, Ada yang pernah ngimpor bibit dari luar gak ?? kaya ak47 atau pinneaple express.. minta testimonynya donggg..

  40. play thc berkata:

    ane dah rendem ampe 4 hari knape ga nongol – nongol kecambahnye

  41. sasti berkata:

    kalo habis mimik teh poci ato teh hijau, sisanya di kasih tu buat siraman, sayangi tanaman, ntar kalo udah gede dipetik.. uuuhh ajib wanginya

  42. rediii berkata:

    berikan langkah – langkah bro. dari biji sampai panen . tolong banget ya . heheheh

  43. jono berkata:

    Help Cari Seeds kalo ada yg punya mau dong beli .. pgn belajar growing email jono.aja.88@gmail.com

  44. jono berkata:

    ada yang pernah impor seeds ga, kira2 impor seed pengiriman stealth apakah aman ya, tanpa melalui x ray. mohon petunjuk dri suhu2 disini ,

  45. aji berkata:

    punya gua aneh nh bro masa pohonya pendenk bgnt n bunga nya banyak amat ampe daunya 16 doank gua itung apanya yg gua isep nh aduh kurang apa ya

  46. aquz berkata:

    ANE UDA 3 hari ni tp lom ada ya berkecmbah….prosesnya ada yg d rendam dan pake media tisu tp blum ada yg ber toge tuh.

Berikan Balasan

