Sekilas Budidaya Ganja

Sedikit tentang pembahasan mengenai teknik yang umum dipakai dalam budidaya ganja di seluruh dunia termasuk Indonesia.secara umum budidaya tanaman ganja di bagi menjadi dua jenis yaitu budidaya dalam ruangan dan budidaya luar ruangan,keduanya di bagi menjadi beberapa teknik lagi yang nantinya akan di paparkan lebih detail pada posting-posting berikutnya.

Ganja Dalam ruangan

Ganja Dalam ruangan

Budidaya Ganja Dalam Ruangan.

budidaya ganja dalam ruangan adalah menanam pohon ganja di dalam suatu ruangan yang di sesuaikan dengan kondisi dimana tanaman ganja dapat tumbuh.kebutuhan yang paling utama adalah cahaya,karena kondisi tempat adalah di dalam ruangan maka diperlukan cahaya agar tanaman ganja dapat hidup, cahaya alami yang biasanya dapat di peroleh dari sinar matahari jika di luar ruanga, akan dipenuhi oleh lampu sebagai media pencahayaan.

Lampu

lampu disini akan disesuaikan dengan kondisi ukuran ruangan dan juga jumlah tanaman serta masa pertumbuhan tanaman ganja tersebut, untuk ukuran ruangan yang cukup besar dengan penataan jumlah tanaman yang cukup banyak maka jenis lampu Metal Halide sangat baik digunakan untuk masa vegetatif dan masa berbunga.

Lampu Metal Halide

Lampu Metal Halide

lampu Metal Halide tersedia dalam ukuran watt antara lain: 150,175,250,400,600,1000,1100.

selain itu untuk kebutuhan cahaya guna foto sintetis tanaman ganja bisa menggunakan lampu HPS (High Pressure Sodium), dan pilihan yang paling purah adalah dengan menggunakan lampu dengan jenis CFL(Compact Fluorescent Lamps) yang dapat di temukan di toko peralatan elektronik terdekat.utuk pencahayaan buata waktu pencahayaan dapat ditentukan dari usia dan masa pertumbuhan dari tanaman ganja sendiri.

Udara

tanaman ganja perlu karbondioksida sebagai bahan baku utuk melakukan fotosintetis,di alam bebas tanaman ganja memerlukan sirkulasi udara agar pertumbuhannya optimal, maka dalam penanaman ganja dalam ruangan diperlukan juga suhu atmosfer dan sirkulasi udara yang baik. secara sederhana kebutuhan udara dari ruangan dapat dipenuhi melalui kipas angin dan ventilasi udara.

Kipas Angin

Air

kebutuhan akan air bagi pertumbuhan ganja sangatlah penting, dalam penanaman ganja dalam ruangan,jika menggunakan media tanam berupa tanah maka intensitas penyiramannya di tentukan melalui berbagai faktor, antara lain ialah suhu udara, usia dan masa pertumbuhan tanaman, air juga diperlukan jika metode tanam yang digunakan adalah menggunakan teknik hidroponik.

Tanah dan Pupuk

Tanah yang digunakan Bagi tanaman Ganja kecuali menggunakan metode tanam hidroponik. tanah yang digunakan ialah tanah yang mempunyai cukup kandungan nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh, Nutrisi pokok yang diperlukan oleh ganja ialah NPK – Nitrogen , Fosfor dan Kalium, pemberian nutrisi tambahan disesuaikan pada kondisi dan usia tanaman, hal ini akan di jelaskan pada posting sendiri.

Budidaya Ganja Di Luar Luangan.

Tanam ganja Luar RuanganBeberapa hal yang mempengaruhi budidaya ganja di Luar ruangan Antara Lain ialah, Faktor keamanan,suhu udara, titik pencahayan dari matahari, dan juga kandungan nutrisi dalam tanah, berbeda dengan menanam dalam ruangan yang membutuhkan berbagai macam peralatan dan biaya yang harus dikeluarkan agar ganja dapat tumbuh,  jika untuk bercocok tanam di luar ruangan kita mendapatkan sumber cahaya yang gratis dan udara yang tersedia terus menerus, maka persiapan yang harus dilakukan untuk melakukan penanaman ganja di luar ruangan adalah:

mencari tempat yang tidak diketahui oleh orang lain (aman)

keamanan dalam bercocok tanam pohon ganja sangatlah perlu diperhatikan, resiko menanam ganja di luar ruangan lebih besar,maka faktor kerahasiaan sangatlah penting.

memperhatikan kondisi pergerakan matahari

kunci pokok pertumbuhan ganja adalah pada pencahayaannya, sehingga perlu diperhatikan siklus perputaran matahari yang menyinari tanaman ganja.

kondisi tanah

sebagai pemernuhan nutrisi bagi pertumbuhan tanaman maka dibutuhkan banyak sekali nuterisi tanah, tanaman ganja merupakan tanaman yang rakus akan unsur hara dalam tanah,sehingga pemilihan atau penambahan nutrisi untuk penanaman diperlukan.

ketersediaan air

ketersediaan air yang mencukupi sangat diperlukan untuk tanaman ganja yang tumbuh di luar ruangan.

di indonesia sendiri beberapa petani menggunakan tehnik gerilya , yaitu penanaman ganja di luar ruangan yang dilakukan di hutan atau tempat tempat yang jarang di jamah serta jauh dari pemukiman, seperti halnya pada daerah sekitar aceh dan sumatra utara, vegetasi tanah dan iklim yang sangat mendukung unuk tempat tumbuhnya ganja menjadikan banyak sekali petani yang bercocok tanam ganja luar ruangan dengan metode dan teknik ini.

Tanam Ganja GerilyaSekilas tentang budidaya ganja,secara detail tentang berbagai metode dan teknik penanaman ganja akan di bahas dalam tiap posting yang akan datang, saat ini kami sedang berusaha menyusun segala informasi secara rinci agar dapat menjadi sumber informasi mengenai penanaman ganja.

Tentang ganjaindonesia

Blog yang memaparkan tentang cara bercocok tanam ganja,baik dalam ruangan ataupun luar ruangan serta berbagai kultur dan budaya ganja yang ada di Indonesia
Tulisan ini dipublikasikan di Budidaya, Budidaya Dalam Ruangan, Budidaya Luar Ruangan, Ganja, Teknik, Uncategorized dan tag , , , . Tandai permalink.

18 Balasan ke Sekilas Budidaya Ganja

  1. tuan tigabelas berkata:

    gue suka skali blog iniiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii

  2. pot smoker berkata:

    landjut……

  3. siluetha berkata:

    ulas lagi topik2 seputar penanaman donk…..

  4. sogi berkata:

    mau nanya doong…
    kalo cara membudidayakan batang pohon untuk menjadi serat, bagaimana yaa???
    tngx….

  5. zak berkata:

    mantap bos.dukung legalisasi ganja

  6. mega pramudya berkata:

    mantap nih infonya

  7. thanks ya atas pengetahuan ny
    walau agak bingung

    hehehehee :D

  8. sotoganja berkata:

    Salam Damai untuk kita semua

    Menarik sekali apa yg kawan paparkan mengenai budidaya ganja, dan perkenankan saya untuk memebrikan komentar.
    Inilah salah astu sikap, yang cukup transformatif dalam merespon kebijakan tentang ganja. Kenapa saya bilang seperti itu, karena di tengah-tengah “Perang Ganja” yang diterapkan di indonesia, yang salah satu tujuan di “atas kertas” adalah melakukan pemberantasan budaya “ganja”, justru blog ini bersikap sealiknya, yang kalau bisa dikatakan menentang kebijakan negara yang tidak adil dalam memposisikan pohon ganja. Kenapa pohon ganja diperangi? dan kenapa mesti menanam? mohon masukannya

    Salam damai
    Penikmat kedamaian.

  9. 19770106 berkata:

    kapan donk di legalitaskan ganja di indonesia ini,padahal ganja itu bukan bahan kimia yg dapat merusak jaringan syaraf si pengguna,apabila memakainya dengan teratur……….

  10. riot berkata:

    oc …sip jadikan benar budaya bukan kaya raya

  11. fredoom berkata:

    gimana nh meneer saya udah nebar bibit banyak dengan cara yg sudah benar tapi belum ada satu pun yg tumbuh

  12. budi berkata:

    selamat siang. apakah ada yang bisa menyediakan bibit wed atau produk olahannya?tolong kabarin ke glock191919@gmail.com

  13. THC berkata:

    Menyediakan Seed Lokal dan import. Edukasiganja@yahoo.com

  14. jo berkata:

    mengapa ganja di permasalahkan? itu bisa menjd sumber ekspor terbesar.

  15. WaterCherry berkata:

    Dalam berbagai macam penelitian serta kesaksian” nyata, dinyatakan bahwa tanaman ini adalah tanaman yang sangat luar biasa dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit termasuk kanker. Sudah banyak negara yang melegalkan tanaman ganja serta penggunaannya dalam tujuan kesehatan. Tanaman ini ternyata sangat aman untuk dikonsumsi dan bisa digunakan tanpa efek samping, apalagi di jus mentah tidak akan membuat pengguna fly/lupa diri. Saya melihat sangat tidak logis jika sampai orang harus dihukum karena menyelamatkan nyawa dan jiwa manusia, tanaman ini dengan ajaib dapat menyembuhkan dimana sering terjadi semua dokter sudah angkat tangan.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s